Nilai indeks prestasi kumulatif (IPK) menunjukkan prestasi akademis mahasiswa di perguruan tinggi. Tahukah kamu, banyak kebiasaan buruk yang akan memengaruhi nilai IPK?

Nah, jika berencana mendapatkan nilai IPK bagus, atau bahkan sempurna dan lulus cumlaude, maka jauhi berbagai kebiasaan buruk berikut ini.

Kurang tidur

Berbagai penelitian menunjukkan bahwa kekurangan tidur dapat menyebabkan seseorang kurang motivasi untuk bekerja dan berkonsentrasi. Tidur yang cukup dapat memengaruhi seorang mahasiswa meraih nilai bagus sepanjang semester.

Menunda pekerjaan

Prokrastinasi atau menunda pekerjaan dapat membuat kita stres. Pada akhir pekan, ternyata tugas kuliah menumpuk dan harus diselesaikan sebelum Senin. Paksa dirimu untuk mengerjakan tugas dengan mencicil dan tidak mengerjakannya dengan sistem kebut semalam (SKS). Bila perlu, buat jadwal deadline untuk setiap tugas kuliah dan kerjakan mereka sebelum tenggat waktu pengumpulan.

Mengabaikan tubuh

Kebiasaan buruk lain adalah tidak memperhatikan tubuh sendiri. Selain tidak cukup tidur, mahasiswa juga sering kali mengabaikan pola makan dan pola hidup sehat. Demikian dinukil dari College Lifestyle, Jumat (26/12/2014).

Bolos

Sebagian besar dosen memberikan "jatah" bolos. Tetapi, sebaiknya jangan pernah bolos satu kali pun kecuali sangat terpaksa. Perlu diingat, bolos tidak hanya akan mengurangi nilai dari dosen tetapi juga membuat kita kehilangan banyak informasi penting selama kuliah.



Mencatat di komputer

Kebiasaan ini akan membuat perhatian kita teralihkan, misalnya karena teman mengajak chatting atau tergoda untuk browing berbagai hal yang tidak berhubungan dengan kuliah. Cobalah mencatat dengan tangan karena ini akan memaksamu konsentrasi dan menambah kemungkinan kita menghafal materi pelajaran.

Tidak menonjol di kelas

Jangan takut berbicara dengan dosen atau teman sekelas untuk meminta bantuan. Bertanyalah di kelas jika ada informasi yang masih membingungkan. Bahkan, jika perlu, temui dosen usai kuliah. Selain itu, jika terpaksa bolos, pinjam catatan teman sehingga tidak kehilangan informasi.

Tidak menyeimbangkan kehidupan sosial

Jika ada tugas makalah tetapi kamu ingin hang out dengan teman-teman, maka selesaikan tugas tersebut terlebih dahulu. Jika semua tugas sudah selesai, maka kita pun akan punya cukup waktu untuk bersenang-senang dengan teman.

http://news.okezone.com/read/2014/12/25/65/1083831/kebiasaan-buruk-yang-memengaruhi-ipk