Nama: Cahyono
Beasiswa Mandiri VII DPU DT KOTA YOGYAKARTA
FACULTY : INFORMATION  of Engineering

JUDUL  KARYA TULIS

Hilangkan Penyakit Hati Yang Membuat Kita Stress
Karena Hidup Kita Hanya Sementara

v  Pendahuluan:

Manusia yang Tinggal diBumi
Dari banyak planet yang ada ditata surya ini hanya bumi lah yang layak dihuni oleh manusia.Semua kebutuhan hidup dan kebutuhan untuk sukses manusia telah disediakan didalamnya oleh Allah SWT”””semua yang ada dilangit dan dibumi adalah kepunyaan-Nya ...” ( QS. Al Baqarah : 255). Bagaimana udara disediakan , bisa dimanfaatkan untuk bernafas dan membangun jaringan media telekomunikasi. Bagaimana air disediakan untuk diminum dan laut untuk persediaan ikan yang bisa dikonsumsi dengan sehat nya, bahkan betapa hampanya makan tanpa garam.Bagaiman tanah disediakan untuk bercocok tanam yang hasilnya bisa untuk dimakan dan pohonnya bisa untuk berteduh dalam kesejukannya “ Allah lah yang telah menciptakan langit dan bumi dan menurunkan air hujan dari langit , kemudian dia mengeluarkan dengan air hujannya itu berbagai buah buahan menjadi rezki untukmu : dan dia telah menundukkan bahtera bagimu supaya bahtera itu, berlayar dilautan dengan kehendak –Nya dan dia telah menundukkan pula bagimu sungai sungai”
(QS. Ibrahim [14] :32). Bagaimana logam diciptakan untuk kepentingan teknologi tepat guna disegala bidang,,alat alat elektronika , alat rumah tangga , alat transportasi dan alat-alat berat lainnya . Betapa besarnya manfaat besi sebagaimana yang difirmankan Allah “ Sesungguhnya kami telah mengutus rasul – rasul kami dengan membawa bukti bukti yang nyata dan telah kami turunkan bersama mereka al Kitab dan neraca ( keadilan ) supaya manusia dapat melaksanakan keadilan dan kami ciptakan besi yang padanya terdapat kekuatan yang hebat berbagai manfaat bagi manusia, ( supaya mereka mempergunakkan besi itu ) dan supaya Allah mengetahui siapa yang menolong (agama) Nya padahal Allah tidak dilihatnya,. Sesungguhnya Allah Maha kuat lagi Maha perkasa .” ( QS. Al hadiid [57]: 25.” ..dan dariapa ( logam ) yang mereka lebur dalam api untuk membuat perhiasan atau alat – alat ...” ( QS.Ar Ra’du [13] : 17 . Bagaimana api dan dan sinar matahari disediakan untuk penerangan , kesehatan dan kepentingan lainnya. Bisa disimpulkan bahwa bahan baku untuk suatu kesuksesan  semuanya yang telah disediakan oleh Allah untuk manusia, maka betapa pemurah –Nya  ( QS. Ar-rahman [55] : 1 Sang Maha Pencipta kepada manusia.
Hidup yang serba sementara ini.

v Pembahasan :
Luasnya planet bumi ini disediakan untuk semua manusia dan ia takkan pernah habis walau digunakkan sepanjang masa sampai tiba batas waktu yang dijanjikan – Nya . Usia manusia lebih pendek dari usia dari usia bumi luasnya bumi lebih luas dari jumlah keseluruhan volume manusia terlebih hanya pada person masing – masing kita.Ilmu kita hanya sedikit “ Katakanlah : Sekiranya lautan menjadi menjadi tinta untuk menulis kalimat kalimat Tuhanku , sungguh habislah lautan itu sebelum habis (ditulis) kalimat kalimat Tuhanku, Meskipun kami datangkan tambahan sebanyak itu ( pula ).” ( QS. Al Kahfi [18] : 109 ) dan waktu kita hanya sebentar “ pada hari mereka melihat hari berbangkit itu, mereka merasa seakan akan tidak tinggal  ( Di dunia ) melainkan (sebentar saja ) diwaktu sore atau pagi hari” ( QS. An- Naazi’aat [79]: 46) . Banyak hal yang belum bisa kita ketahui apa keseluruhan kandungan bumi, itulah betapa mengapa sebentarnya kita tinggal diplanet bumi ini. Tahu tahu sudah punya anak – anak kuliah semuanya, tahu tahu punya menantu dan cucu , tahu tahu sudah pensiun meninggalkan pekerjaan yang kita geluti sehari hari , tahu – tahu kita dipanggil menghadap keharibaan-Nya.
Ada sebuah pertanyaan yang sangat kita petlu contoh dalam kehidupan sehari hari Apakah kamu sungguh – sungguh telah mengetahui ?
Sesungguhnya Allah SWT mengetahui apa yang ada dilangit dan apa yang dibumi dan bahwa sesungguhnya Allah Maha Mengetahui segala sesuatu ( QS. Al Maaidah [5] :97 ). Sungguh kita para manusia ini tidak akan tahu apa – apa andai tanpa taufiq dan hidayah –Nya
Untuk itu lah agar kita tidak tersesat dalam kehidupan yang hanya sebentar ini maka kita harus mau menggunakkan petunjuk yang berasal dari Sng Maha Perkasa yaitu Allah SWT. “ Aku Tinggalkan untuk kalian dua perkara. Kalian tidak akan sesat selama berpegang teguh dengannya, yaitu Kitabullah ( Al – Qur’an ) dan sunnah Rasulullah SAW ( HR.Muslim).
v Penutup dan Kesimpulan  :
1.      Bersyukurlah kepada Allah yang Maha Pemurah yang telah menyediakan seluruh alam semesta ini untuk kepentingan , kesuksesan, dan kemuliaanmu. Barang siapa ia bersyukur maka akan ditambah nikmatnya oleh Allah SWT ( QS. Al Qomar [54] : 35 ),” Dan ( ingatlah juga ) tatkala Tuhanmu memaklumkan; “ Sesungguhnya jika kamu bersyukur , pasti kami akan kami menambah ( nikmat – Ku ) , maka sesungguhnya azab – Ku sangat pedih .” ( QS. Ibrahim [ 14 ]   :   7 ). Diantaranya banyak perwujudan syukur diantaranya adalah mau mengembangkan dan memanfaatkan keunggulan dan potensi yang dimilikinya serta menerima kekurangan yang ada pada dirinya.
2.       Kedua, Gunakan waktumu yang hanya sebentar itu dengan sebaik baiknya , rencanakanlah perjalanan hidupmu dari awal hingga akhir dengan tidak melakukan hal hal yang yang mubazir ( Jangan sampai boros waktu, boros tenaga, boros pikiran , dan boros pembiayaan ), dan jangan pula melakukan hal sisa – sisa belaka karena tidak selaras dengan petunjuk – Nya . Manusia yang tidak memanfaatkan waktunya dengan baik pasti ia akan rugi ( QS. AL Ashr [103] : 1- 3) . Ketiga , Walau ilmu kita hanya sedikit sekali dibandingkan ilmu- Nya Allah SWT, namun kita harus tetap menuntut ilmu sebagai mana yang telah diwajibkan –Nya kepada kaum Islam laki –laki maupun wanita untuk sepanjang masa, menuntut ilmu itu wajib atas tiap tiap muslim ( HR. Ibnu Majah ).