Nama : Cahyono
Beasiswa Mandiri VII
DPU DT KOTA YOGYAKARTA

Pendahuluan:
Dengan banyaknya acara yang secara langsung kita sering lihat diberbagai kalangan sekolah dasar, sekolah menengah pertama, dan sekolah menengah keatas  diwaktu ramadahan ataupun tidak serta diberbagai kegiatan yang sangat banyak dilakukan yang pada intinya dibentuk sebuah kepanitian supaya kegiatan tersebut bisa berjalan dengan lancar dan baik disamping itu didalam unsur manusia yang mampu berfikir serta diberikan otak yang cerdas oleh Allah SWT meskinya manusia akan melakukan hal – hal yang akan memberikan manfaat yang banyak untuk orang banyak juga salah satu kegiatan yang memasyarakat yaiu bersilahturahmi ke saudara muslim bertemu kemudian tegur sapa yang membuat kesejukkan dalam hati serta apabila seseorang yang akan melakukan puasa di bulan ramadhan ataupun puasa sunnah mestinya merasakan kekuatan spirit yang berbeda dan peningkatan kesehatan jiwa yang maksimal. Dikalangan mahasiswa sekarang banyak kegiatan yang selain di dalam kampusnya misalnya Forum Silahturahmi lembaga dakwah kampus yang sering mengadakan acara yang sangat memperbanyak pengalaman khususnya dalam  lingkup mahasiswa dengan adanya kegiatan yang membangun serta melatih mahasiswa bekerja didalam sebuah team yang akan menjadikan kesolidan dari organisasi tersebut. Ada sesuatu kegiatan alam yang biasanya membuat para mahasiswa takut bahkan akan tidak melakukan aktivitas itu yaitu MAPALA mahasiswa pecinta alam salah satu kegiatannya adalah Rapling  yang sangat bagi teman teman yang belum pernah melakukannya dan kegiatan itu bisa membuat kita lebih berani dalam menghadapi sebuah tantangan di kehidupan maupun dimasyarakat luas.
Kemanfaatan :
 Alhamdullilah dengan datangnya bulan ramadhan pastinya kita harus merasa bahagia dan tersenyum karena bulan ramadhan tahun ini kita harus lebih baik dari tahun sebelumnya dan kita sebagai makhluk ciptaan Allah SWT wajib melaksanakan puasa penuh selama bulan ramadhan yang mana banyak makna yang akan kita dapat untuk terwujudnya kerukunan umat yang akan menjadikan sebuah perisai yang kuat bagi hati dan jiwa kita sendiri disitulah banyak manfaat apabila kita selalu bertemu dengan saudara kita yang sangat membutuhkan bantuan kita ada beberapa  hal bagaimana cara merajut nilai – nilai ukhuwah.
1. Apabila bertemu dengan saudaranya tersenyum karena merupakan sedekah bagi yang memberikan senyumannya kepada saudaranya.
2. Memberikan hadiah kepada saudaranya yang membutuhkan
3. Bersilahturahmi dengan sesama saudara semuslim agar terjalin ukhuwah yang baik diantara sesama.
Ada sebuah syair " Jika pada diri saudaramu kautemukan kesalahan

Kesimpulan:
    Bertambahnya. Makhluk hidup sekarang ini kita harus sering melakukan kegiatan yang bisa membuat pikiran, hati dan jiwa menjadi lebih bersih dan semangat untuk mencapai hal itu banyak banyaklah mengikuti kegiatan kegiatan yang berhubungan dengan orang banyak karena disisi lain kta pribadi akan mendapaykan manfaat yang didapat untuk menjadikan manusia yang terus mewarnai kehidupan serta selalu menjaga kelestarian alam dan keindahannya supaya pada waktu kita galau, kesepian dan banyak masalah bisa kita mencari kegiatan seperti Rapling, kumpul bareng dengan teman-teman  yang bisa memberikan semangat pada kita agar pada waktu kita berada dalam daerah yang menyejukkan dan menyegarkan hati kita tetap berkobar kobar seperti api yang menyala dan bisa menikmati, mensyukuri apa yang telah diberikkan oleh Allah SWT kepada kita sebagai makhluknya.
 Penutup
Kini adalah saatnya dimana kita harus kembali kepada ajaran- ajaran agama kita uyang bersih bernaung dibawah lindungannya dan menikmati hidangan yang disajikannya.
TIdak mungkin kita bisa mengetahui ajaran ajaran itu kecuali kita mau melucuti setiap perkara yang membawa kita kepada perpecahan, menggerogoti potensi kekuatan kita. Kita telah memiliki seluruh piranti yang dibutuhkan untuk menjadikan kita sebagai umat tebaik yang dikeluarkan bagi manusia. Kita juga telah memiliki pranata yang bersih dari kebatilan, semenjak dahulu, sekarang maupun dimasa masa yang akan datang. Tinta emas sejarah menjadi sanksi bahwa kita pernah mampu menegakkan masyarakat yang terbaik dilingkungan masing masing lingkungan kita..