Oleh : Kukuh Riben Untari
Universitas Teknologi Yogyakarta
BAB I
PENDAHULUAN
A.    Latar belakang
Kebayakan orang yang ikut dalam sebuah organisasi pasti akan ada titik jenuh dengan berbagai aktivitas yang dilakukan dari rapat rutin setiap minggunya,kegiatan yang sudah diagendakan setiap bulannya. Seperti yang terjadi di DPUDT Yogyakarta selama beberapa bulan ini,untuk itu sangat dibutuhkannya refresing untuk menyegarkan kembali otak kita,pikiran kita,rasa lelah kita dengan diadakannya kegiatan outbond untuk panitia atau anggota DPUDT Yogyakarta . selain itu ,dengan adanya kegiatan bersenang- senang dan kumpul bersama membuat ukhuwah kita semakin kuat dan juga semakin semangat dalam mengikuti kegiatan- kegiatan yang telah diagendakan.dalam waktu  dekat in juga akan menyelenggarakan kegiatan Ramadhan yang akan menguras tenaga dalam pelaksanaannya, untuk itu tidak ada salahnya diadakan kegiatan outbound dan bersenang- senang sejenak.
Kegiatan outbound yang dilakukan secara teratur dan tepat dapat meningkatkan fungsi organ tubuh seperti jantung, peredaran darah, dan prnapasan serta menigkatkan kelentukan, daya tahan secara keseluruhan. Jantung memiliki peranan yang sangat penting yaitu menyuplai darah keseluruh tubuh. Sirkulasi darah akan meningkat selama olahraga berlangsung yang berguna untuk metabolism tubuh. Selain itu system pernapasan seseorang yang selalu beraktivitas fisik scara teratur akan memiliki bgaran tubuh yang lebih baik.
B.     Rumusan Masalah
1.      Apa  hubugan antara outbounddengan kesehatan jasmani?
2.      Apa manfaat outbound itu?


C.     Tujuan
1.      Untuk mengetahui  hubungan antara outbound dengan kesehatan jasmani
2.      Untuk mengetahui manfaat  dari outbound
BAB II
PEMBAHASAN

A.     Pengertian outbond
Istilah Outbound berasal dari kata Outward Bound.Outbound adalah sebuah ide pendidikan inovatif yang dikreasikan oleh Kurt Hahn.
Kurt Hahn adalah seorang berkebangsaan Jerman yang lahir di Berlin pada tanggal 5 Juni 1886. Ide Kurt Hahn kini telah bertahan dan berkembang selama lebih dari enam puluh tahun.
Pengertian Outbound secara lengkap adalah sebuah kegiatan yang dilakukan di alam terbuka (Outdoor) dengan melakukan beberapa simulasi permainan (Outbound Games) baik secara individu maupun perkelompok.

B.     Manfaat
Dari kegiatan outbound ini kita akan mendapatkan dampak yang positif  seperti dibawah ini:
  1. Mempertebal rasa kepercayaan diri
  2. Menumbuhkan rasa keberanian mengambil resiko
  3. Meningkatkan kemampuan beradaptasi dengan lingkungan
  4. Membangkitkan kepekaan dan saling pengertian antar kelompok
  5. Menumbuhkan motivasi dan berperan aktif
  6. Mengembangkan rasa keyakinan untuk mengubah sesuatu yang dianggap ‘tidak mungkin’ menjadi ‘mungkin’
  7. Melahirkan semangat baru yang nantinya menjadi energi baru

C.     Tujuan outbond
Kegiatan ini diharapkan dapat memfasilitasi dan membantu tercapainya salah satu atau beberapa aspek dibawah ini, antara lain:
  1. Pengembangan tim (tim building)
  2. Pengembangan kepemimpinan (leadership)
  3. Pengelolaan perubahan (managing change)
  4. Pengembangan budaya organisasi (culture development)
  5. Perencanaan strategis (strategic planning)
  6. Pengembangan diri (personal development)

D.    Bentuk-Bentuk Permainan

Berikut ini adalah beberapa bentuk permainan out boud yang dapat memberikan makna begi para peserta diantaranya adalah nilai-nilai kerjasama, kepercayaan, kemampuan memecahkan suatu masalah, proses pendewasaan diri, kebersamaan, leadership (kepemimpinan), kemampuan akselerasi untuk mencapai suatu tujuan, melatih mental dan keberanian serta kesenangan batiniah.
1)      Koran Terpanjang (Kerjasama Tim)
Koran Terpanjang merupakan suatu bentuk permainan berkelompok yang bertujuan untuk melatih dan meningkatkan perasaan loyal terhadap kelompok atau lembaga. Dalam permainan ini setiap peserta diharapkan mampu mengembangkan potensi diri dan bekerjasama dengan kelompoknya untuk mampu membuat koran terpanjang. Setiap kelompok terdiri dari 10 – 15 orang.
2)        Pindah Tali (Perkenalan)
Pindah tali adalah permaian yang bertujuan untuk menjembatani seluruh anggota kelompok agar dapat saling mengenal satu sama lain. Cara bermain dalam permaian ini adalah dengan memindahkan tali yang tersambung dari satu anggota ke anggota yang lain dan saling menyebutkan nama, sehingga seluruh anggota dapat saling mengenal. Langkah permaiannya yaitu seluruh anggota tim saping mengaitkan tangan, pindahkan tali dari anggota paling ujung dan kembali lagi ke ujung tanpa melepas kaitan tangan.
3)        Trust Fall/ Pohon Tumbang (Kepercayaan Tim)
Trust fall adalah suatu bentuk permaian dengan cara menjatuhkan diri dari tebing atau tempat yang lebih tinggi. Permaian ini bertujuan untuk menumbuhkan rasa saling percaya kepada seluruh anggota kelompok. Hal itu merupakan kunci awal kesuksesan perjalanan tim anda. Adapun aturan permaiannya adalah jatuhkan badan anda secara tumbang, membelakangi penerima, pemain penerima harus menerima dengan formasi yang sedemikian rupa sehingga tidak membahayakan pemain yang menjatuhkan badannya dan pemain penerima lainnya.
4)        Ball Transfer (Kerjasama Tim)
Ball transfer merupakan suatu permaian untuk memindahkan bola dari satu tempat ke tempat lain dengan target yang telah ada. Permaian ini bertujuan untuk melatih akselerasi, koordinasi, kerjasama, kecepatan dan ketepatan kelompok dalam mencapai target. Cara bermain ball trasfer ini yaitu dengan memainkan 10 – 15 orang untuk membentuk garis lurus, selanjutnya bola dipindahkan satu per satu ke dalam target.
5)        Water Transfer (Akselerasi untuk mencapai tujuan)
Water transfer merupakan suatu permaian untuk memindahkan air dari satu tempat ke tempat lain dengan target yang telah ada. Permaian ini bertujuan untuk melatih akselerasi, koordinasi, kerjasama, kecepatan dan ketepatan kelompok dalam mencapai target. Cara bermain water trasfer ini yaitu dengan memainkan 10 – 15 orang untuk membentuk garis lurus, selanjutnya bola dipindahkan satu per satu ke dalam target dengan menggunakan tangan.
6)        Broken Square/ Hollow Square (Kejasama Memecahkan Masalah)
Broken/ hollow squer adalah suatu permaian dengan menyusun kepingan-kepingan kertas menjadi satu atau beberapa buah persegi. Permaian ini bertujuan untuk melatih anggota kelompok dalam memecahkan suatu permasalahan dengan seluruh anggota kelompok, selain itu juga dapat meningkatkan kepedulian antar anggota sehingga dapat mengendalikan egoisitas anggota.
7)        Adventure/ Penelusuran Rute (Proses Pendewasaan dan Membangun Tim yang Handal)
Adventure merupakan kegiatan untuk menelusuri rute perjalanan agar proses pendewasaan diri setiap anggota dapat terwujud. Setiap kesuksesan memerlukan perjuangan untuk mencapainya, hambatan dan tantangan akan dihadapi oleh tim anda pada setiap perjalanan. Hadapilah setiap hambatan dan tantangan dengan tenang dan tetap waspada, jangan terlalu takut dan jangan juga terlalu berani dalam mengambil resiko
8)        Team Target (Kemampuan Akselerasi)
Team Target adalah permainan untuk memberikan rangsangan dan support kepada kelompok agar mencapai target dalam suatu usaha. Permainan ini dapat dimainkan dengan cara menentukan jumlah tumpukan tongkat dan waktu yang dibutuhkan untuk membuat, atau dapat dimainkan dengan cara menentukan target memasukkan bola ke dalam keranjang dalam waktu yang sudah ditentukan. Permainan ini bertujuan untuk membuat keputusan sesuai dengan kemampuan, sehingga target dapat terpenuhi dengan tepat.
9)        Flaying Fog (Menguji Adrenalin) dan Refling (Mental & Keberanian)
Flaying Fog dan refling merupakan permainan tali yang penuh tantangan diman permainan ini dilakukan dengan cara turun atau meluncur dari ketinggian tertentu. Permainan ini bertujuan utuk menguji adrenalin, sehingga bagi setiap perserta diharapkan dapat memiliki keberanian dan mental yang kuat.
10)    Meniti dua Tali (Mental & Keberanian)
Meniti dua tali adalah program yang penuh dengan tantangan dimana peserta harus dapat menyeberangi suatu rintangan dengan bantuan dua tali. Permaian ini bertujuan untuk melatih keberanian dan berani mengambil resiko untuk mendapatkan hasil yang optimal.
11)    Spider Web/ Get the target (Kerjasama Tim)
Spider web merupakan permainan yang membutuhkan kejelian dalam menyelesaikan masalah. Dalam hal ini peserta dihadapkan pada sebuah jarring laba-laba dan seluruh peserta harus mampu melewati rintangan itu tanpa menyentuh jarring. Permainan ini bertujuan untuk dapat mengatasi masalah dan menyelesaikan dengan kerjasama dan saling membantu, sehingga dapah menyelesaikan dengan baik
12)    Time Boom (Leadership)
Time boom adalah permaian untuk menjinakkan boom dalam waktu yang telah ditentukan, apabila melebihi waktu yang ditentukan maka boom akan meledak dan kelompok tersebut dinyatakan kalah. Permainan ini bertujuan agar peserta dapat berlatih menjadi seorang pemimpin atau bisa dipimpin.

E.    Pengertian Kebugaran jasmani

Kebugaran jasmani dapat diartikan sebagai emampuan tubuh untk melakukan tugas dan pekerjaan sehari- hari dengan giat, tanpa engalami kelelahan ang berarti serta cadangan energy yang tersisa dan masih mampu menikmati waktu luang dan menghadapi hal- hal yang darurat yang tidak terduga sebelumnya.
Dari pengertian diatas bahwa kebugaran jasmani mmuat berbagai aspek kualitas hidup yang sangat berhubungan dengan keadaan status kesehatan jasmani yang positif. Kebugaran jasmani ini erupakan sari utama atau ckal bakal dari kebugaran secara umum,jadi apabila sseorang dalam keaadaan sgar, salah satu aspek pokok yang Nampak adalah keadaan pnampilan jasmaninya. Dengan demikan  seseorang tidak dapat mencapai kebugaran secara mnyuluh atau umum tanpa di asari oleh keadaan kebugaran jasmani yang baik. Akan tetapi sebaiknya , seseorang yang memiliki kebugaran jasmani yang tinggi juga akan Nampak tidak berdaya apabila tidak memiliki kebugaran aspek hidup lain terutama kelanjutan kebugaran rohani dan social.

F.      Target  outbound

  1. Tersedianya wahana dan pengalaman kerjasama tim yang menyenangkan bagi peserta
  2. Peserta berani mengaktualisasikan potensi-potensi dalam dirinya
  3. Peserta lebih optimis dalam menghadapi lingkungan kerja selanjutnya.


BAB III
PENUTUP


A.    Kesimpulan
Outbound adalah sebuah kegiatan yang dilakukan di alam terbuka (Outdoor) dengan melakukan beberapa simulasi permainan (Outbound Games) baik secara individu maupun perkelompok.Hubngannya degan kebugaran jasmani dengan  kegiatan outbound yang dilakukan secara teratur dan tepat dapat meningkatkan fungsi organ tubuh seperti jantung, peredaran darah, dan prnapasan serta menigkatkan kelentukan, daya tahan secara keseluruhan
Dengan adanya kegiatan outbound ini setidakanya akan memberikan manfaat yang positif terhadap peserta seperti sebagai berikut:
Ø  Mempertebal rasa kepercayaan diri
Ø  Menumbuhkan rasa keberanian mengambil resiko
Ø  Meningkatkan kemampuan beradaptasi dengan lingkungan
Ø  Membangkitkan kepekaan dan saling pengertian antar kelompok
Ø  Menumbuhkan motivasi dan berperan aktif
Ø  Mengembangkan rasa keyakinan untuk mengubah sesuatu yang dianggap ‘tidak mungkin’ menjadi ‘mungkin’
Ø  Melahirkan semangat baru yang nantinya menjadi energi baru

DAFTAR PUSTAKA