Gedung MSH Kasihan Bantul, 21-23 September 2012. Program Studi Pendidikan Fisika, Fakultas Sains dan Teknologi mengadakan kegiatan workshop inovasi dengan tema “Membangun Kreatifitas Menjadi Mahasiswa Muslim Inovatif”. Kegiatan workshop yang berlangsung selama 3 hari 2 malam tersebut merupakan suatu gagasan yang menarik dan menjadi ajang dinamisasi sikap kreatif mahasiswa pendidikan fisika. Tujuan utama dari kegiatan workshop ini adalah memberikan pelatihan pembuatan prakarya berbagai media pembelajaran fisika yang inovatif dan menumbuhkembangkan pola pikir kreatif serta ilmiah dalam diri mahasiswa. Fokus kegiatan pembuatan prakarya fisika di workshop ini adalah bidang Alat Peraga Fisika, Robotika, dan Macromedia Flash.
Workshop Inovasi kali ini diikuti 43 mahasiswa baru pendidikan fisika 2012, 20 mahasiswa sebagai tim trainer angkatan 2011, dan panitia dari pengurus Studi Club Innovation Club angkatan 2010 berjumlah 18 mahasiswa. Dihadiri pula Kaprodi pendidikan fisika, Widayanti, M.Sc, Dosen Prodi pendidikan fisika Joko Purwanto, M.Sc, Ketua BEM pendidikan fisika Ahmad Adib Rofiuddin dan ketua Innovation Club Erwin Prasetyo.
Konsep workshop diisi dengan berbagai materi dengan unsur penekanan utama mengarah pada aspek Soft Skill mahasiswa dan pelatihan pembuatan berbagai prakarya/produk media pembelajaran fisika yang inovatif. Secara khusus materi robotika disampaikan cara pembuatan Line Follower dan dasar rangkaian IC (Integrated Circuit) Microcontroller. Selanjutnya untuk media Alat Peraga Fisika diajarkan pembuatan Roket Air, Pipa Berbunyi, dan Alat Peraga Tegangan Permukaan. Kemudian untuk Macromedia Flash disampaikan pembuatan animasi materi Hukum Newton I,II,III dan dasar-dasar software Macromedia Flash.
Ketua BEM Pendidikan Fisika, Ahmad Adib Rofiuddin (Pend.Fisika 2008)., menyampaikan bahwa “Kegiatan workshop inovasi yang baru pertama kali diadakan kali ini, merupakan acara yang positif bagi pengembangan kreatifitas berinovasi dalam diri mahasiswa, dan diharapkan acara seperti ini bisa berlanjut tahun depan, serta lebih memajukan program-program Innovation Club yang menjadi penggagas utama acara ini”. Lebih lanjut Kaprodi Pendidikan Fisika, Widayanti, M.Sc., menambahkan bahwa “Workshop inovasi, Alat Peraga, Robotika dan Macromedia Flash semoga bisa menghasilkan produk atau hasil prakarya fisika yang nantinya menjadi media pembelajaran yang bermanfaat serta bisa lebih memberikan kegiatan-kegiatan positif bagi mahasiswa pendidikan fisika”.
“Output atau hasil prakarya fisika yang dibuat peserta workshop Inovasi kali ini antara lain Roket Air 2 Set, Alat Peraga Pipa Berbunyi, Alat Peraga Tegangan Permukaan, Animasi Flash Hukum Newton I,II,III, dan Robot Line Follower 2 Set  yang masih tahap finishing proccess”, ungkap ketua panitia Workshop Inovasi, Tri Sunaryanto (Pend.Fisika 2010). Lebih lanjut disampaikan pula, setelah kegiatan workshop inovasi ini, para peserta dan tim trainer akan mengikuti follow up kembali di kelas Innovation Club sebagai proses keberlanjutan pembuatan prakarya-prakarya fisika selanjutnya.
(Tri Sunaryanto-Innovation Club-)