Desa Ternak Mandiri (DTM) Progam Unggulan DPU- DT

by aslim sulaiman
Ketika pertama kali saya mendengar Kata DTM, saya merasa bingung dengat kata tersebut. Akan tetapi setelah saya baca di Profil Dpu-DT ternyata DTM adalah salah satu progam unggulan lembaga Amil Zakat DPU-DT. DTM sendiri merupakan kepanjangan dari Desa Ternak Mandiri. Progam ini di dikhususkan bagi para dhuafa' yang berada di pedesaan yang ada di daerah terpencil, seperti srandakan di Kulon Progo, Karang Mojo Gunung Kidul, Cangkringan Sleman.
tujuan diadakannya Progam DTM ini diantaranya adalah :
1. Mengurangi Pengangguran, kita tahu saat ini kesulitan para dhuafa' adalah mencari pekerjaan, jangankan para dhuafa' bahkan para sarjana pun, sangat sulit mencari pekerjaan. Oleh karena itu Progam DTM ini hadir dalam rangka mengurangi pengangguran yang ada di Masyarakat Pedesaan.
2. Terpenuhnya Kebutuhan Sandang Papan  & pangan, kita tahu bahwa semakin bertambah hari kebutuhan pokok masyarakat semakin meningkat sedangkan harga kebutuhan tersebut juga meningkat. oleh karena itu DTM hadir ke tengah masyarakat, yang mana hasil dari progam DTM ini bisa mensejahterakan Masyarakat yang ada di sana.
3. Keluar dari garis kemiskinan, inilah harapan utama dari pada Lembaga Amil Zakat DPU-DT yaitu dari Mustahik Zakat menjadi Amil Zakat. dan masih banyak lagi tujuan diadakannya Progam DTM ini diantaranya adalah : menambah pengahsilan peternak& petani, adanya pendapatan tetap dan pemberdayaan masyarakat dhuafa'.
Sedangkan untuk Progam DTM ini ada dua macam bentuk progam yaitu penggemukan domba kambing dan pembibitan domba kambing. Dalam hal penggemukan dan pembibitan kambing ini  akad yang dilakukan antar DPU- DT dan peternak adalah akad titipan/ wa'diah dalam kurun waktu 3 bulan. Sehingga setelah waktu 3 bulan usai para peternak tersebut mendapatkan penghasilan tambahan dari hasil penggemukan dan pembibitan kambing.